Pages

Wednesday, July 17, 2013

4 Jenis Makanan yang Anda harus Hindari untuk Kesehatan Tulang

4 Jenis Makanan yang Anda harus Hindari untuk Kesehatan Tulang
Tulang merupakan bagian dalam tubuh yang sangat penting untuk menopang tubuh kita. Di saat kita berdiri, duduk, ataupun berlari, tulang inilah yang menopangnya. Jadi kita perlu jaga tulang kita agar tetap sehat hingga usia lanjut. Ada banyak tips untuk menjaga tulang tetap sehat, yaitu salah satunya dengan mengkonsumsi kalsium melalui susu. Tidak hanya itu, kita juga perlu tahu jenis makanan apa saja yang perlu kita hindari untuk menjaga kesehatan tulang kita.

Inilah 4 jenis makanan yang Anda harus hindari untuk kesehatan tulang Anda.

  1. Garam merupakan bagian makanan yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari kita. Seringkali dijumpai pada jenis makanan cepat saji, makanan olahan seperti sereal. Konsumsilah garam secukupnya, dan jangan berlebih. Berdasarkan para pakar peneliti, menemukan bahwa garam dapat menyebabkan hilangnya kadar kalsium pada tulang dari waktu ke waktu. 
  2. Minuman berakohol ini dapat menghambat dan menganggu kerja pankreas dan penyerapan kalsium serta vitamin D. Minum akohol secara berlebihan dapat memicu terjadinya resiko osteoporosis. Hindarilah minuman berakohol untuk menjaga agar kalsium dapat terserap dengan optimal dalam tubuh.
  3. Minuman bersoda atau softdrink sering kali kita temukan di berbagai restoran cepat saji. Tidak hanya itu, di dalam supermarket begitu banyak minuman bersoda. Pada saat pesta pernikahan pasti kita temui juga minuman ini. Asam fosfat inilah yang terkandung dalam minuman bersoda, yang memicu kalsium itu terdorong keluar bersama urine, sehingga penyerapan kalsium dalam tubuh menjadi hilang.
  4. Kafein ini sangat banyak kita temui dalam kopi. Hindarilah minuman kopi berlebihan, tetapi tidak hanya kopi, ternyata kafein juga ditemukan dalam minuman berenergi. Aturlah jumlah porsi dalam mengkonsumsinya. Dianjurkan untuk mengganti kopi dengan teh ataupun susu untuk menjaga kesehatan tulang Anda. 
Kesehatan tulang perlu dijaga sejak dini, di usia pertumbuhan ataupun usia remaja dianjurkan untuk konsumsi susu yang penuh dengan kalsium, vitamin dan mineral. Jika sudah lanjut usia, dapat meminum susu untuk low fat. 

No comments:

Post a Comment