Pages

Tuesday, July 16, 2013

Nutrisi Makanan untuk Kesehatan Sendi dan Tulang

nutrisi makanan untuk kesehatan sendi dan tulang
Sendi dan tulang merupakan bagian yang penting dalam tubuh kita dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Bagi Anda yang masih tergolong muda di bawah umur 45 tahun, maka sakit nyeri sendi dan tulang sangat jarang dirasakan. Tetapi berbeda dengan di atas umur 45 tahun, maka banyak orang merasakan nyeri sendi dan tulang terutama pada kaum wanita. Jadi Anda perlu tahu informasi ini dari sekarang, nutrisi makanan untuk kesehatan sendi dan tulang.

5 Jenis makanan ini dapat menjadi nutrisi menjaga dan merawat kesehatan sendi dan tulang sejak dini.

1. Ikan salmon dan ikan tuna sangat bagus untuk sendi dan tulang. Mengapa? Karena di dalam ikan salmon dan tuna terkandung asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan. Seperti yang kita ketahui bahwa ikan itu mengandung asam lemak Omega-3 yang sudah terbukti baik untuk persendian kita.

Asam lemak omega-3 ini didapati dapat mengurangi peradangan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian. Selain itu, jenis kacang-kacangan juga mengandung banyak asam lemak omega-3 seperti kacang almond, kacang kedelai.

Jika Anda ingin praktis, Anda dapat membeli suplemen omega-3 di apotek terdekat Anda. :)

2. Bahan makanan biji bijian atau dikenal dengan Whole grain. Jenis ini sangat banyak ditemukan pada gandum, padi, beras merah dan jagung. Banyak orang telah tahu bahwa biji-bijian ini sangat baik karena kaya akan serat. Tidak hanya itu, ternyata biji-bijian yang mengandung kaya akan mineral tembaga itu bagus untuk kesehatan sendi dan tulang.

Berdasarkan penelitian di Amerika (American Journal of Clinical Nutrition), whole grains itu mengandung betaine dan choline yang berguna untuk mencegah terjadinya inflamasi.

3. Air dan Susu. Sudah tidak diragukan lagi, bahwa tubuh kita terdiri dari lebih dari 60% air. Jadi air itu sangat baik untuk kebutuhan fungsional tubuh. Jika kita konsumsi air dengan cukup, maka dapat membantu sistem bantalan sendi dan melumasi jarak antar sendi, agar gesekan atau nyeri sendi dapat berkurang. Jadi minumlah air 8 gelas air sehari.

Susu dan produk olahannya seperti keju, yogurt merupakan sumber nutrisi yang kaya akan gizi untuk sendi dan tulang. Selain itu susu juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti zinc, kalsium, magnesium. Jadi minumlah susu 2 kali sehari.

4. Glukosamin adalah senyawa penting yang bermanfaat untuk menstimulus tulang rawan pada persendian. Di bagian ujung tulang, terdapat bantalan ini, yang berfungsi mengurangi gesekan antar tulang. Tubuh kita secara alami memproduksi glukosamin ini secara alami, tetapi seiring berjalannya waktu (umur), usia yang makin tua di atas 45 tahun, produktivitas suplementasi glukosamin ini menurun. Hal inilah yang mengakibatkan rasa nyeri pada ujung persendian tulang rawan.

Anda dapat menambah asupan gizi glukosamin dengan cara membeli suplemen di apotek.

5. Sayuran Brokoli ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Informasi terbaru dari para peneliti membuktikan bahwa brokoli bagus untuk menjaga kesehatan sendi. Brokoli ini mengandung sulforaphane yang berfungsi menghambat kerja enzim dalam kerusakan sendi pada penderita pengapuran tulang atau dalam bahasa kedokterannya adalah osteoarthritis.

Ingat, kita perlu menjaga tubuh kita sejak dini. Tulang dan persendian memegang peranan penting dalam aktivitas kita sehari-hari. Nutrisi sendi dan tulang yang tepat, dapat menjaga kesehatan sendi dan tulang dan menghindarkan dari berbagai rasa nyeri pada tulang dan sendi.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment