Pages

Wednesday, July 17, 2013

Tips Cara Memilih Sayuran yang Baik

Tips Cara Memilih Sayuran yang Baik
Sayuran merupakan bagian yang penting untuk tubuh kita. Tidak hanya daging dan buah, tetapi sayuran juga memegang peranan penting untuk memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sayuran banyak mengandung vitamin, mineral, serat dan zat non gizi untuk pencegah kanker atau dikenal dengan istilah fitokimia. Di bawah ini, ada beberapa tips cara memilih sayuran yang baik. Pastikan Anda memilih sayuran dengan tepat untuk Anda konsumsi setiap hari.

Sebagai contoh, jika kita menghilangkan sayuran dalam menu makanan Anda, maka hal yang sederhana sering kali, kita akan mengalami kesulitan dalam buang air besar (BAB) atau sembelit. Dan jika kita mengkonsumsi sayuran yang kaya serat ini setiap hari, maka kita akan terhindar dari kanker usus.

Jenis sayuran yang perlu Anda ketahui berdasarkan jenis sayurannya.

  1. Sayuran buah, seperti paprika, cabe, terong
  2. Sayuran daun, seperti sawi, kangkung, selada
  3. Sayuran biji, seperti buncis, jagung, kacang panjang 
  4. Sayuran bunga, seperti kembang turi, kembang kol, brokoli 
  5. Sayuran akar, seperti bit, wortel
  6. Sayuran batang muda, seperti rebung, asparagus, lobak
  7. Sayuran umbi, seperti bawang merah, kentang, bawang putih 
Manfaat dari konsumsi sayuran secara rutin

Di dalam sayuran terkandung zat gizi dan non gizi yang dapat membantu untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Vitamin di dalam sayuran pun beragam, mulai dari Vitamin B, dan C. Ada juga yang mengandung vitamin A, D, E dan K. 

Tips Memilih Sayuran yang Baik
  • Untuk sayuran buah, pastikan Anda memilih buah yang bentuknya masih utuh, tidak berair, tidak pecah serta tidak berbau busuk. Satu tips tambahan lagi, pilihlah sayuran buah yang masih muda untuk terong dan labu. Hal yang berbeda untuk Cabe dan Tomat, pilihlah sayuran yang sudah masak atau tua. 
  • Untuk sayuran daun, pilihlah bentuk sayuran yang masih utuh, berwarna cerah, dan tidak busuk. Cek juga batang daun yang dapat mudah dipatahkan. 
  • Jika memilih sayuran umbi, pilihlah umbi yang tidak berlubang, tidak berair dan tidak lunak. 
  • Tips untuk memilih kentang, pilihlah yang tidak berlekuk
  • Bawang merah dan bawang putih, pilihlah yang kering (tidak berair) dan berbentuk tidak keriput
  • Wortel pilihlah warna jingga terangnya hanya sedikit dan tampak terlihat dipermukaan kulitnya.
Setelah kita tahu cara memilih sayuran yang baik untuk kita, lalu seberapa banyak porsi yang perlu kita konsumsi? Tidak ada takaran pastinya, yang terpenting adalah dalam satu hari, pastikan kita mengkonsumi sayuran di dalam menu makanan kita. Baik pagi, siang ataupun malam. Sayuran ini dapat dicampur dengan buah, daging ataupun susu.

No comments:

Post a Comment