Pages

Thursday, July 18, 2013

Gejala Pengapuran Sendi dan Cara Pengobatannya

Gejala Pengapuran Sendi dan Cara Pengobatannya
Pengapuran adalah salah satu jenis penyakit pada sendi atau dikenal dengan istilah osteoartritis. Pengapuran sendi biasanya akan terasa nyeri pada bagian pinggul ataupun lutut. Pengapuran sendi umumnya dirasakan pada orang yang telah berusia di atas 45 tahun. Dan wanita lebih beresiko mengalami ini.

Pengapuran sendi berbeda dengan penyakit rematik dan asam urat. Apa itu pengapuran sendi? Pengapuran sendi ini disebabkan oleh menipisnya tulang rawan yang berada di ujung tulang. Fungsi utama dari tulang rawan ini adalah melapisi ujung tulang, sehingga setiap terjadi lipatan lutut, maka tidak terjadi gesekan yang berlebihan.

Jika tulang rawan semakin menipis, maka akan terjadi gesekan yang berlebihan, hingga rasa sakit nyeri, inilah yang dikenal dengan pengapuran sendi.

Gejala Pengapuran Sendi

Pengapuran sendi dikategorikan menjadi 4 stadium. Stadium 1 dan 2 tergolong pengapuran sendi ringan dan stadium 3 dan 4 merupakan pengapuran sendi berat. Gejala yang dirasakan, jika masih tergolong stadium 1 dan 2, maka akan timbul rasa nyeri, kaku pada lutut, baik saat beraktivitas, berdiri terlalu lama, jongkok, ataupun naik turun tangga. Ada juga bunyi "klek-klek" di bagian tempurung lutut, jika dilipat lututnya.

Pada stadium pengapuran sendi berat, maka tidak hanya saat beraktivitas saja, melainkan saat beristirahat, maka akan dirasakan rasa nyeri tersebut. Dan biasanya sendi lutut akan bengkok seperti huruf O atau huruf X, dapat berujung jalan pincang.

Cara Pengobatan

Ada 4 cara yang dapat dilakukan untuk mengobati pengapuran sendi stadium ringan :
1. Memberi obat anti radang dan anti nyeri, dapat berupa suplemen ataupun obat dokter
2. Minum suplemen glukosamin dan kondroitin yang berfungsi sebagai stimulus merangsang pertumbuhan tulang rawan yang menipis.
3. Memberikan obat pelumas sendi melalui suntikan pada lutut
4. Operasi kecil, dengan melakukan sayatan kecil pada lutut, dan membersihkan tulang rawan dari serabut dan kotoran yang ada. Operasi ini dikenal dengan nama arthroscopic debridement

Keempat cara di atas tidak dapat diterapakan jika Anda mengalami pengapuran stadium yang berat. Karena cara yang efektif untuk mengobatinya dengan mengganti sendi Anda melalui operasi.

Cara ini telah banyak dilakukan oleh penderita lutut sendi. Lama perawatan operasi ini adalah 4-5 hari. Dan setelah itu, Anda diizinkan juga untuk berjalan cepat, naik turun tangga dan beraktivitas normal.

No comments:

Post a Comment